GAPEKSINDOHome
Text template 1
Text template 2
gapeksindo
GAPEKSINDO 15TH


Rekan-rekan keluarga besar GAPEKSINDO se Indonesia

Tanggal Dua puluh tiga bulan Juli tahun Dua ribu tujuh belas adalah ;
15 tahun perjalanan kehidupan Gapeksindo yang kita cintai ini di Bumi Pertiwi.
15 tahun sudah Gapeksindo menapak bakti sederhananya bagi Jasa Konstruksi Indonesia
15 tahun sudah kita berkarya , dari Sabang hingga Merauke merajut bakti Konstruksi Indonesia.
15 tahun sudah kita bersama, berkumpul , berpikir, berjuang dan berkarya dengan segenap keterbatasan kemampuan kolektif , serta menjaga rumah Konstruksi Indonesia.
15 tahun sudah kita berjuang bersama menegakkan kembali

"Martabat Jasa Konstruksi Indonesia.." dan ... harus diakui .... kita belum berhasil ......
Dan.....kita tidak boleh berhenti .......
Menoleh dekade awal 15 tahun silam, Gapeksindo lahir dalam sebuah semangat, yang mungkin masih sangat sederhana, ingin keluar dari ruang pengap Monolistik assosiasi Jasa Konstruksi era Orde baru. Semangat pembentukan yang begitu dashyat dilakukan oleh tokoh2 pendiri Gapeksindo dan segenap jajaran pengurus baik ditingkat Pusat , Propinsi dan Kabupaten/kota dengan segenap keterbatasannya adalah sebuah upaya yang luar biasa yang seyogyanya layak tercatat abadi dalam sejarah perikehidupan Gapeksindo , walau mungkin harus kita akui euforia saat itu belum berlandas tuju tajam terarah , namun semangat yang diwariskannya, fondasi organisasi yang mengakar hingga ke kabupaten/kota adalah sebuah karya dashyat yang harus kita sikapi dengan penuh rasa hormat oleh keluarga besar Generasi Gapeksindo hari ini dan generasi berikutnya.

Saudara-saudara keluarga besar Gapeksindo yang saya hormati dan kasihi.
Enam atau tujuh tahun dekade awal generasi pendiri, dengan sangat berhasil telah meletakan dasar-dasar pijak Gapeksindo kita, dan…. lima atau enam tahun dekade kedua Gapeksindo, kita semua menyadari bahwa itulah waktu yang harus kita gunakan sepenuhnya untuk melakukan konsolidasi Internal secara kompherenship dalam muti aspek ke organisasian, membangun standarisasi management kelola, mengubah karakter organisasi menjadi management terbuka, melakukan pembenahan dan pembinaan sustainable/berkesinambungan, terus ...terus dan terus dalam berbagai bentuknya, yang bermuara pada pembentukan "JATI DIRI GAPEKSINDO" dan hari ini kita mungkin sudah berani menegakan kepala kita dan berkata "KAMI GAPEKSINDO" walau kita harus tetap jujur mengakui, kita belumlah sempurna....

Tapi.....apakah Cita kita sudah dipenghujung pencapaian,,,,???.......Tidak....!!! Justru disinilah perjalanan menuju cita cita sesungguhnya Gapeksindo berawal, perjalanan Cita cita Konstruksi Indonesia yang bermartabat, yang berkeadilan, yang ideal,yang mensejahterakan masyarakat Konstruksinya sendiri sebagai salah satu Stake Holder Konstruksi Indonesia masih teramat jauh disana.....masih terbelengu dalam imajinasi, cita cita dan harapan.

Dan inilah masanya kita masuki dekade ke tiga Gapeksindo, yakni Mengambil peran substansialnya dalam Jasa Konstruksi Indonesia, inilah waktunya kita mengambil beberapa tanggung jawab Konstruksi Indonesia, untuk tidak berdiam diri dalam zone nyaman berorganisasi, tapi mengambil peran Konstruktif bagi kejayaan Konstruksi Indonesia. Gapeksindo adalah mitra Pemerintah, mitra pembangunan konstruksi Indonesia, mitra siapapun yang ingin menegakkan kehormatan , martabat dan kejayaan konstruksi Indonesia .
Inilah dekade kita berkewajiban mengolah segenap daya kita secara organisatoris untuk membantu pemegang mandat regulasi Konstruksi Indonesia melahirkan regulasi regulasi pembaharuan yang berbobot, yang bertujuan, yang berkeadilan, yang me Martabatkan pelakunya, yang tidak melupakan putra putri konstruksi nya yang berada seluruh Nusantara, paska Undang Undang Konstruksi no 2 tahun 2017 yang kita perjuangkan selama 3 tahun terakhir dengan segenap dinamikanya, dengan segenap kekurangan dan kelebihannya.

Pertumbuhan ekonomi sektor Konstruksi pernah menemukan kejayaannya dengan 7,8 % terhadap PDB dimasa 5-6 tahun lampau, saat ini sektor Konstruksi hanya membukukan 5,02 % (2016) pertumbuhan terhadap PDB….sebuah penurunan yang mengerikan. 5-6 tahun yang lampau sektor kontruksi menyerap 6 juta tenaga kerja, namun hari ini disaat nilai pembangunan konstruksi naik lebih dai 100%, justru pertumbuhan tenega kerja hanya menjadi sekitar 7 juta tenaga keja, dan sebagaimana kita tahu bahwa hampir 50% pengusaha jasa konstruksi klasifikasi kecil dan menengah kita berguguran……dan kita pengusaha Jasa Konstruksi Indonesia masih tetap statusnya sebagai sub ordinat, sebagai objek pembangunan dan bukan subjek pembangun Konstruksi dinegerinya sendiri, masih terbelengu dalam ruang pengap feodalistiknya. Kita tidak perlu membuang waktu untuk menjustifikasi pihak yang bersalah dan bertanggung jawab , karena kita pasti juga ada dalam lingkar tanggung jawab itu, saya mengajak segenap keluarga besar Gapeksindo untuk bersama mencarikan solusi terbaiknya untuk kita berikan sebagai sumbangsih pemikiran kepada pengambil kebijakan , dan ini harus kita lakukan.

Parameter target pertumbuhan ekonomi sektor Konstruksi 2018 telah disepakati oleh pemerintah dan legislatif sebesar target atas 7,6 % pada APBN 2018, kita tidak tahu nilai tersebut menggunakan parameter apa, atau mungkin mimpi di hari apa....tapi yang pasti , kita tidak melihat adanya regulasi baru sebagai dasar pijak baru simulasi significant kebijakan sektor Konstruksi untuk mengupgrade Pertumbuhan sektor ini secara significant dari 5,02 % menuju 7,6 %, yang akan berdampak pada target pertumbuhan nasional, penerimaan pajak, terbukanya lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan kesenjangan, dan banyak lainnya mengingat bahwa simulasi pertumbuhan ekonomi terbaik , sesungguhnya adalah sektor Konstruksi....
Dan inilah saat terbaik Gapeksindo mengambil peran terbaiknya dalam saran dan kajian pemikiran , mengacu pada wawasan dan pengetahuan kita di sektor Konstruksi Indonesia. Semoga Gapeksindo mampu selangkah maju menjadi Mira Strategis Konstruksi Indonesia, dan saya yakin…bersama kita mampu.

Selamat Ulang Tahun Gapeksindo ke XV, selamat kepada segenap keluarga besar Gapeksindo di seluruh penjuru tanah air.
Semoga Tuhan senantiasa berkenan bagi kita sekalian dalam pengabdian bagi nusa dan bangsa melalui sektor Jasa Konstruksi yang kita jalani, dan bersama Gapeksindo yang kita cintai.

Salam hormat


Irwan Kartiwan
Ketua umum

PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 70/PMK.03/2017
PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 70/PMK.03/2017 Tentang PETUNJUK TEKNIS MENGENAI AKSES INFORMASI KEUANGAN UNTUK KEPENTINGAN PERPAJAKAN [download]
FORMULIR GAPEKSINDO
Formulir GAPEKSINDO bisa langsung didownload pada halaman ini [form-gapeksindo/zip]

Download IE Versi 8
Untuk menjalakan system SISKA tahun 2010 disarankan menggunakan browser Internet Explorer Versi 8

Popular Downloads
Top Searches
Frequent Destinations